Wednesday, July 18, 2018

Pangandaran

Minggu lalu, dapat kesempatan untuk pergi ke Pantai Pangandaran (lagi). Pasti banyak yang sudah tau mengenai letak pantai Pangandaran. Ada pantai timur, pantai barat, dan pasir putih. Ini spot-spot yang sering dikunjungi.
Di pasir putih, kita bisa lihat kapal FV Viking yang ditenggelamkan 14 Maret 2016. Kapal ini ternyata sudah jadi buronan Interpol dan 13 negara di dunia! Penyebabnya... ya pastinya illegal fishing. Masuk ke wilayah negara tertentu tanpa izin dan mencuri ikan dari area itu.
Berita yang beredar, menyatakan bahwa kapal ini berbendera Nigeria, tapi ternyata Pemerintah Nigeria mengeluarkan pernyataan resmi kalau kapal ini tidak terdaftar di sana. Malahan kapal ini sudah berganti nama 13 kali, ganti bendera sebanyak 12 kali!
Bukan cuma administrasinya, alat penangkap ikan yang kapal ini pakai juga melanggar ketentuan. Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan jaring yang diperbolehkan untuk digunakan maksimal sepanjang 2500 meter (2,5 km).
Tapi pada saat ditangkap 25 February 2016 di perairan Tanjung Berakit, KEPRI, ditemukan tali jaring sepanjang 71.000 m (71 km)!!!


Nah ini gambarnya. Saya ada kesempatan untuk memotret kapal ini waktu naik perahu dari pantai barat menuju ke pasir putih.
Kapal ini sekarang berfungsi jadi: Monumen Perlawanan Pencurian Ikan.
Semoga wilayah kelautan kita semakin terjaga, dan hasilnya bisa dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia.

No comments: